Dirjen Dukcapil Luruskan Hoax Terkait Tercecernya E-KTP - DAILYSATU | PUSAT BERITA TERKINI & TERUPDATE

Breaking

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Senin, 28 Mei 2018

Dirjen Dukcapil Luruskan Hoax Terkait Tercecernya E-KTP


DAILYSATU-   Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Zudan Arif Fakrulloh meluruskan beberapa informasi hoaksterkait Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Hal itu menyusul tercecernya sejumlah e-KTP di Jalan Raya Salabenda, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/5).

Pertama, kabar hoaks yang menyebut gudang Kemdagri di Semplak, Bogor Barat merupakan tempat menyembunyikan e-KTP. Dijelaskan Zudan, gudang itu resmi milik Kemdagri. “Bukan tempat sembunyikan e-KTP. Tidak ada berisi e-KTP palsu, tapi yang ada adalah e-KTP asli yang sudah rusak,” kata Zudan di Ruang Pers Kemdagri, Kantor Kemdagri, Jakarta, Senin (28/5).
Kedua, adanya tulisan di media sosial (medsos) yang menuding ditemukannya blanko atas nama warga negara asing (WNA). “Sudah kita cek semua dari polisi, ini e-KTP rusak. Kerusakan itu seperti elemen datanya, lalu fisiknya,” tegas Zudan.
Ketiga, ditemukannya e-KTP milik warga Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel). Diungkapkan, seluruh e-KTP dicetak sejak 2010-2014, dicetak di pusat. Selanjutnya, e-KTP dikirimkan ke daerah. Apabila daerah menemukan ada kerusakan, maka dikembalikan ke pusat.
“Ini untuk menjawab kenapa kok ada e-KTP warga Muara Enim di pusat. Setelah 2014, semua dicetak di daerah, pusat hanya kirim blanko. Kalau rusak, dari daerah dikirim ke pusat untuk meminta ganti blanko,” ungkap Zudan.
Keempat, adanya kabar e-KTP yang dibuat di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Ditegaskan, informasi itu juga tidak benar. “E-KTP ini asli semua, tetapi invalid dan rusak,” imbuhnya.
Dia mempersilakan Komisi II DPR untuk meninjau gudang Kemdagri di Semplak. “Silakan dilihat fakta yang sebenarnya, sehingga kita mendapatkan keyakinan bahwa yang sebenarnya hanya e-KTP yang jatuh,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

test banner