Punya Puluhan Candi, Klaten Jadi Surganya Penyuka Wisata Sejarah Agama - DAILYSATU | PUSAT BERITA TERKINI & TERUPDATE

Breaking

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Jumat, 26 April 2019

Punya Puluhan Candi, Klaten Jadi Surganya Penyuka Wisata Sejarah Agama


DAILYSATU - Tak banyak yang tahu jika Kabupaten Klaten punya banyak sekali tempat wisata menarik. Bahkan masih banyak orang yang tak mengetahui keberadaan kabupaten yang satu ini. Klaten sendiri terletak di Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan Yogyakarta, provinsi yang relatif jauh lebih populer dikunjungi wisatawan.

Candi yang paling terkenal tentu adalah Candi Prambanan. Setengah dari luas Candi Prambanan berada di Klaten, sementara separuhnya lagi masuk wilayah Kabupaten Sleman. Selama ini, banyak orang mengira jika Candi Prambanan yang hanya berada di Yogyakarta. Kompleks candi yang dibangun Wangsa Sanjaya ini terbilang sangat luas, ada banyak relief yang sambung menyambung yang dipahat di dindingnya.

Tak jauh dari Candi Prambanan, terdapat Candi Sewu yang memiliki usia yang lebih tua dari Candi Prambanan maupun Candi Borobudur. Kompleks Candi Sewu dibangun sekitar abad ke 8 masehi dan memiliki 249 buah candi kecil dengan empat pintu di semua penjuru mata angin.

Di luar Candi Prambanan dan Candi Sewu, candi-candi lainnya yang berada di Klaten antara lain Candi Bandung Karangnongko, Candi Plaosan, Candi Untoroyono, Candi Merak, Candi Sojiwan, Candi Gana, Candi Siwa, Candi Lumbung, dan Candi Bubrah. Jangan lupakan pula wisata sumber mata air Umbul Ponggok yang terkenal dengan spot foto underwater-nya. Tertarik pelesiran ke Klaten?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

test banner