Jelang Mudik, Jasa Marga Optimalkan Rest Area dan Tol Fungsional - DAILYSATU | PUSAT BERITA TERKINI & TERUPDATE

Breaking

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Jumat, 01 Juni 2018

Jelang Mudik, Jasa Marga Optimalkan Rest Area dan Tol Fungsional


DAILYSATU-   Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung persiapan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam mengoptimalkan rest area dan jalur tol fungsional menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Kementerian BUMN bersama Jasa Marga berupaya memastikan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini bisa terlaksana dengan aman, nyaman, dan lancar," kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Ahmad Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (1/6).
Sebagai wujud peningkatan pelayanan, Jasa Marga menambah sejumlah fasilitas di rest area, seperti toilet, tempat ibadah, dan stasiun pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) portable. Selain itu, membuat sistem zoning atau manajemen lalu lintas di rest area, yaitu membuat jalur khusus antara kendaraan yang ingin mengisi BBM, menuju toilet, atau tempat makan agar tidak terjadi antrean.
Salah satu rest area yang cukup krusial dan kerap dikunjungi oleh pemudik adalah rest area Km 207 Ruas Palikanci. Pada titik ini, Jasa Marga menerapkan strategi dengan membuat sistem zoning guna mengantisipasi penumpukan kendaraan.
“Kami juga mengoptimalisasi kapasitas parkir di rest area dengan tidak menambah area komersial di area parkir, hal tersebut tentu digunakan untuk mengurangi kepadatan di dalam rest area," kata Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur.
Jasa Marga juga telah menyiapkan sistem rest area monitoring yang mengatur lalu lintas, menghitung ketersediaan lahan parkir, dan sistem pengawasan dengan mengandalkan teknologi sensor seperti CCTV Vehicle Counting dan CCTV Surveillance yang dapat membaca jumlah dan jenis kendaraan.
Selain itu, Jasa Marga juga akan mengoptimalkan jalur fungsional yang akan digunakan pemudik untuk memastikan kelancaran arus mudik.
Tahun ini, proyek jalan tol milik kelompok usaha Jasa Marga yang diberlakukan sebagai jalur fungsional terdapat sepanjang 185,34 km yakni Jalan Tol Batang-Semarang (75 Km), Jalan Tol Semarang Solo Ruas Salatiga-Kartasura (32,24 Km), Jalan Tol Solo-Ngawi Ruas Sragen-Ngawi (51 Km), Jalan Tol Ngawi-Kertosono Ruas Wilangan-Kertosono (37,51 Km), Jalan Tol Pandaan-Malang Ruas Pandaan-Lemahbang (5 Km), Sumber Wuni – Singosari (7,10 km).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

test banner