Apple atau Amazon, Mana yang Lebih Dulu Mencapai US$ 1 T? - DAILYSATU | PUSAT BERITA TERKINI & TERUPDATE

Breaking

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Minggu, 13 Mei 2018

Apple atau Amazon, Mana yang Lebih Dulu Mencapai US$ 1 T?


DAILYSATU-  Apple semakin dekat menjadi perusahaan terbuka AS pertama yang bernilai US$ 1 triliun (Rp 14.000 triliun). Sementara, Amazon.com menempel ketat dan bisa menyalip Apple.
Didirikan pada tahun 1976 oleh Steve Jobs, produsen iPhone ini mencatat pendapatan tahunan sebesar US$ 229 miliar, lebih besar dibanding PDB negara-negara seperti Portugal dan Selandia Baru.
Kapitalisasi pasar Apple pada Kamis (10/5) melampaui rekor US$ 934 miliar, menyusul pengumuman rencana buyback saham senilai US$ 100 miliar dan berita bahwa Warren Buffet akan menambah kepemilikan saham Berkshire Hathaway di Apple.
Saham Apple melonjak hingga 12 persen sejak pengumuman laporan keuangan Selasa lalu. Kini Aple hanya berjarak 8 persen dari valuasi US$ 1 triliun.
Pendapatan jasa layanan Apple, seperti streaming musik dan penyimpanan data, naik 31 persen dan hal ini membuat saham Appe direvisi ke atas. Analis CFRA Angelo Zino kepada Reuters mengtakan bahwa target harga saham Apple naik dari US$ 195 ke US$ 210. Jika Apple mencapai valuasi tersebut, maka kapitalisasi pasar Apple akan melewati angka US$ 1 triliun. Sentimen positif Zino juga dirasakan oleh 12 analis lainnya.
Amazon.com, perusahaan terbuka kedua terbesar di AS berdasarkan nilai pasar, berpotensi melewati Apple. Amazon saat ini memiliki kapitalisasi US$ 780 miliar. Meskipun saat ini Amazon lebih kecil dari Apple tetapi pertumbuhan perusahaan tersebut jauh melebihi ekspektasi pasar.
Pendapatan Amazon naik 31 persen berkat sektor e-commerce dan cloud computing, di mana Amazon Web Services menjadi penguasa pangsa pasar. Saham Amazon naik 70 persen dalam 12 bulan terakhir, dibandingkan kenaikan saham Apple sebesar 24 persen dalam setahun terakhir. Kenaikan saham Apple didorong oleh optimisme peluncuran iPhone X.
Perusahaan ketiga terbesar di Wall Street adalah Alphabet dengan kapitalisasi US$ 765 miliar dan Microsoft di urutan keempat dengan nilai US$ 749 miliar. Kedua perusahaan tersebut disalip Amazon Februari lalu. Facebook di urutan kelima. Kelimanya mewakili 15 persen dari kapitalisasi pasar S&P 500 sebesar US$ 24 triliun.
Jika Apple dan Amazon mampu mempertahankan performanya, Apple diperkirakan menyentuh US$ 1 triliun bulan September, sementara Amazon bulan Oktober, lalu akan menyalip Apple. Microsoft diperkirakan menyentuh US$ 1 triliun awal 2019 dan Alphabet pada 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

test banner