Pesawat Jatuh Tewaskan 107 Orang, Kuba Berkabung 2 Hari - DAILYSATU | PUSAT BERITA TERKINI & TERUPDATE

Breaking

Post Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Minggu, 20 Mei 2018

Pesawat Jatuh Tewaskan 107 Orang, Kuba Berkabung 2 Hari


DAILYSATU-  Kuba memulai dua hari berkabung nasional pada Sabtu (19/5) untuk korban kecelakaan pesawat udara yang menewaskan 107 penumpang dan awaknya, tiga diantaranya masih sekarat.

Pemimpin Partai Komunis dan mantan presiden Raul Castro mengatakan masa berkabung akan berlangsung dari fajar Sabtu hingga tengah malam pada Minggu. Bendera harus diterbangkan setengah tiang di seluruh negeri.
Castro menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang berduka karena "kecelakaan dahsyat", sebuah pernyataan yang dibacakan, ketika Presiden Rusia Vladimir Putin dan sejumlah pemimpin Amerika Latin juga menyatakan simpati.
Paus Fransiskus meminta gereja di Kuba untuk menyampaikan belasungkawa kepada keluarga "yang berdukacita atas hilangnya orang-orang terkasih yang tak terduga."
Boeing jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara Jose Marti, jatuh di sebuah lapangan dekat bandara dan mengirim asap tebal ke udara.
Pesawat itu sedang dalam penerbangan dari Havana ke kota timur Holguin. Sebagian besar penumpang Kuba, dengan lima orang asing, termasuk dua orang Argentina.
- Penyelidikan
Presiden Miguel Diaz-Canel mengatakan penyelidikan kecelakaan yang terjadi pada Jumat (18/5). Pesawat Boeing 737, disewakan ke operator nasional Cubana de Aviacion oleh sebuah perusahaan Meksiko.
Dibangun pada 1979, pesawat itu disewa dari sebuah perusahaan kecil Meksiko, Global Air, yang juga dikenal sebagai Aerolineas Damoj.
Meksiko mengatakan mengirim dua spesialis penerbangan sipil untuk membantu penyelidikan. Keenam anggota awak adalah warga negara Meksiko.
Boeing mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa "tim teknis siap membantu".
Diaz-Canel, 58 tahun, yang menggantikan Castro sebagai pemimpin pulau komunis sejak bulan lalu, tampak terkejut ketika dia mensurvei upaya pemulihan, mengenakan kemeja lengan pendek dan dikelilingi oleh para pejabat.
- Ledakan yang mengguncang
Pesawat lepas landas dari Havana pada pukul 12:08 siang (1608 GMT) Jumat menuju Holguin, 670 kilometer (415 mil) ke timur.
Dari supermarket tempat dia bekerja di dekat bandara, Jose Luis, 49, mengatakan dia bisa melihat pesawat lepas landas sebelum jatuh dan jatuh ke tanah.
"Saya melihatnya lepas landas. Tiba-tiba, itu berbelok, dan turun. Kami semua terkejut,” katanya.
Yasniel Diaz, seorang musisi berusia 21 tahun, mengatakan pilot itu tampaknya mencoba pendaratan darurat, tetapi malah mengalami kecelakaan.
"Ledakan itu mengguncang segalanya," katanya.
"Aku mulai berlari, aku sangat takut."
- Kerabat yang menderita
Global Air mengatakan, pesawat itu terbang bersama enam awak Meksiko - pilot, co-pilot, tiga pramugari, dan teknisi pemeliharaan.
Di Mexico City, kerabat dan kolega yang sedih dari para kru berkumpul di luar kantor perusahaan untuk meminta informasi - beberapa dari mereka memeluk dan menangis.
"Saya berteman dengan kapten, dengan co-pilot, dengan kepala pramugari," kata mantan karyawan Global Air, Ana Marlene Covarrubias yang berusia 44 tahun.
"Ketika saya mendengar berita di telepon, saya pikir itu adalah salah satu lelucon orang-orang bermain," katanya kepada AFP.
Kementerian komunikasi dan transportasi Meksiko mengatakan, pesawat itu dibangun pada 1979. “Global Air memiliki izin yang diperlukan untuk menyewanya, dan telah melewati pemeriksaan pada November tahun lalu,” katanya.
Perusahaan, yang berdiri pada 1990, memiliki armada tiga pesawat, semua Boeing 737.
Sebelum kecelakaan pada Jumat itu, kecelakaan udara terbaru Kuba terjadi pada April 2017, ketika delapan personel militer tewas ketika pesawat angkut AN-26 buatan Rusia jatuh di Kuba barat.
Bencana penerbangan besar terakhir negara itu terjadi pada November 2010 ketika pesawat jet Kuba Aerocaribbean jatuh dalam penerbangan dari Santiago de Cuba ke Havana, menewaskan 68 penumpang di dalamnya, termasuk 28 warga asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

test banner